Museum Doraemon, Jepang



Untuk menghargai ‘jasa’ besar Doraemon karena telah setia begitu lama menghibur masyarakat, di Jepang dibangunlah museum Doraemon. Museum yang memiliki nama lain museum Fujiko F.Fujio ini terletak di pinggiran kota Tokyo, tepatnya di Kawasaki. Ini didirikan sekaligus juga untuk mengenang mendiang Fujio, pengarang komik Doraemon.

Sejak dibuka pada 3 September 2011 lalu, museum ini menampilkan 50.000 benda yang berhubungan dengan Doraemon. Sebagian besar merupakan gambar asli coretan dari mendiang Fujiko F Fujio. Ada pula meja dan benda lainnya yang digunakan Fujio ketika ia menuangkan kreativitasnya dalam berbagai kisah perjalanan Doraemon dan Nobita.

Untuk dapat pergi ke museum ini, kita bisa pergi ke Stasiun Noborito dan masih harus menggunakan bis khusus untuk sampai ke museumnya. Bis khusus yang digunakan ini tentunya bukan sembarangan bis melainkan bis yang sudah di design dengan gambar doraemon yang lucu-lucu. Bis ini dikenakan tarif 200 yen sekali jalan, tetapi apabila pengunjung tidak ingin mengeluarkan biaya, pengunjung juga bisa pergi ke museum dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

Bis Doraemon


Museum ini terdiri dari tiga lantai yang tidak hanya fokus di tempat pameran tapi terdapat pula replika studio kerja Fujio, teater kecil untuk menampilkan film animasi Doraemon, sejumlah toko, dan restoran. Walaupun Fujio paling terkenal lewat Doraemon, beberapa karyanya yang lain juga ditampilkan di museum tersebut, salah satunya adalah “Obake no Q-taro” yang bercerita tentang hantu nakal.



sketsa komik doraemon

meja kerja Fujiko F. Fujio


Disini juga terdapat cafe yang menjual hidangan makanan bertemakan doraemon dan juga terdapat toko souvenir yang menjual barang-barang dengan karakter kartun doraemon dan berbagai karakter lainnya yang merupakan hasil karya Fujiko.

ankipan_2
"Ankipan" salah satu makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh dari Museum Doraemon
かふぇ.jpg
Doraemon Latte di Cafe Museum Doraemon



Kalau ingin main ke museum Doraemon, kita perlu reservasi terlebih dahulu. Jadwal kunjungan terbagi dalam empat kali jam kunjungan dalam sehari. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah 1000 yen atau sekitar Rp 120 ribu, 700 yen atau Rp 84 ribu untuk pelajar menengah dan atas, dan 500 yen atau Rp 60 ribu untuk anak-anak usia empat tahun ke atas.

0 komentar:

Poskan Komentar

HistoryOfMuseum. Diberdayakan oleh Blogger.

clock

Laman

Blog Archive

Recent Comments

Recent Posts